Sabtu, 23 April 2016

Resensi Artikel Dalam Koran



1. Data Publikasi

a)      Judul         : Mengenal Graphoselling Untuk Melatih Sukses
b)      Penulis       : Yosandy L.S
c)      Tanggal     : 24 Agustus 2012
d)     Penerbit     : Koran Jakarta
e)      Halaman    : 20
f)       Tema         : Ilmu Pengetahuan


2. Ringkasan
    Bagi sebagian besar orang, bentuk tulisan tangan mungkin dianggap tak memiliki kaitan dengan karakter atau perilaku, apalagi dengan sukses seseorang.
     Bagi Yosandy LS, pemegang certified graphologist dan certified handwriting, bentuk tulisan tangan seseorang itu tidak saja mencerminkan akan karakter, watak, isi otak, pikiran, dan keadaan hati seseorang, tapi juga bisa dipelajari lebih jauh tentang rahasia dan makna di baliknya. Bahkan, makna di balik tulisan tangan itu pun bisa dimanfaatkan untuk meraih kesuksesan, meningkatkan omzet penjualan dan menjual ide.
    Menurut dia, tulisan tangan adalah bentuk ‘tulisan’ otak/pikiran sehingga menjadi ukuran yang siginifi kan dan akurat sebagai ungkapan (cermin) kepribadian seseorang (hal 19-20). Lewat itu, kepribadian seseorang bisa dibaca dengan cermat. Analisis tulisan tangan ini disebut graphologi. Penulis buku ini mengembangkan lebih jauh lagi yang dinamai graphoselling untuk meningkatkan omzet penjualan, jadi orang kaya, dan meraih kesuksesan.
      Dengan 18 jurus yang dideskripsikan di dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa analisis tulisan tangan bisa mengungkap kondisi ilmiah tentang semangat atau tingkat optimisme didasarkan pada ‘garis dasar atau baseline’ dari bentuk tulisan tangan seseorang.
    Selain itu, dapat mengungkap kekuatan energi dan kesehatan (dari tekanan pada tulisan tangan), kecerdasan emosi (berdasarkan arah, dan kemiringan tulisan tangan).
    Selain itu, persepsi di masa lalu (berdasarkan jarak dari tepi kertas dengan tulisan tangan atau margin kiri), rencana masa depan (berdasarkan margin kanan pada tulisan tangan), kecerdasan spiritual (berdasarkan tiga zona) dan citra diri yang dibangun berdasarkan bentuk tanda tangan di bawah tulisan tangan.
   Tulisan juga dapat mengungkapkan tingkat kepercayaan diri seseorang dilihat dari posisi garis huruf ‘t’ dan kekuatan motivasi untuk meraih ‘sukses’ berdasarkan cara menulis huruf ‘g’, ‘j’, dan ‘y’.

2. Keunggulan
     Artikel ini memiliki keunggulan :
-        Penulis tidak sekadar mengungkap cara menganalisis tulisan tangan, menemukan       kelemahan, dan kekuatan di balik tulisan tangan
-   Penulis memberikan tips cara memperbaiki kelemahan (dari hasil analisis tulisan tangan) dengan mengubah bentuk tulisan tangan untuk memperkuat karakter seseorang.
-     Dilengkapi kisah-kisah yang penuh hikmah dan ditulis dengan gaya bahasa yang ringan dan sederhana sehingga mudah dipahami dan dipraktikan.

4. Kelemahan

      Tidak dilengkapi kisah-kisah orang yang sebelumnya memiliki kelemahan tulisan tangan.

5. Saran
  Seharusnya artikel ini menjelaskan secara rinci dan dengan penjabaran yang singkat tentang bagaimana seseorang dapat mengubah bentuk tulisan tangan untuk memperkuat karakter seseorang dan memberikan contoh maupun kisah orang-orang yang sebelumnya memeiliki kelemahan tulisan tangan sehingga menjadi baik dan mendapatkan dampak yang positif dengan mempraktikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar